Senin, 05 April 2010

Antara Hari Kartini & Perempuan kini


Tanggal 21 April nanti kita akan memperingati hari Kartini lagi. Hari kartini sering kali dihubungkan dengan emansipasi wanita atau kesetaraan peran wanita dan laki-laki. peran wanita saat ini masih dianggap tidak seimbang.

Saya ingin menyampaikan opini mengenai sepak terjang perempuan secara umum. Perkembangan perempuan, entah dari sisi kecerdasan, penampilan, dan attitude- sangat dinamis. dari sisi kecerdasan perempuan, saat ini peran perempuan di publik sangat beragam mulai dari pengusaha, peran di legislatif maupun eksekutif, konsultan berbagai bidang, dan sebagainya. ini tidak akan mungkin terjadi jika mereka tidak mempunyai kemampuan dan keterampilan yang mencukupi.

Penampilan perempuan pun sekarang sangatlah beragam, menarik dan lebih personal. mereka yang mempunyai kepribadian akan mempunyai gaya tersendiri pada setiap penampilannya. Selera/taste mereka pun lebih variatif.

Tapi sayangnya, kemajuan ini tidak didukung dengan attitude yang memadai. Sering saya melihat wanita yang cenderung memamerkan kemolekan tubuhnya. Ada juga yang beranggapan bahwa dengan berpakaian seperti itu sebagai gaya modern (biar tidak dianggap ketinggalan jaman), prestige (karena pakaian mereka mahal harganya atau dari butik ternama), bahkan ada yang berkata kalau tidak memakai baju model terbuka, siapa yang mau lihat.??!!

Memang tidak semua perempuan tapi ini menjadi keprihatinan bersama, menjadi pekerjaan rumah bersama. bagaimana menumbuhkan kesadaran dan persepsi yang lebih baik mengenai kecerdasan, penampilan dan attitude.

SELAMAT HARI KARTINI. Selamat untuk perempuan Indonesia yang tetap istiqomah di jalan kebaikan.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar