Rabu, 28 April 2010

Betapa uniknya siswaku

April 24, 2010.. unforgettable moment.

My laundry class, my inspiration!! (2)

Siswaku yang cerdas, kreatif dan penuh semangat belajar. Ingat, ujian sebentar lagi datang. Sudahkah kalian berbenah??


Bacalah posting ini baik-baik. Saya tau kalian paham betul mengapa kalian sekolah. Ini peluang, ini kesempatan. Jangan pernah meremehkan peluang ini atau kalian suatu saat terkejut karena kalian sudah tak berdaya, tidak mampu mengenyam pendidikan dengan total, tidak bisa berpikir luas atau bahkan sudah beruban tanpa melakukan yang bermanfaat…. Apakah dalam kondisi seperti ini, kalian baru menyadari manfaat pendidikan?

Untuk siswa ku yang cerdas, kreatif dan penuh semangat belajar , Pendidikan itu merupakan

  1. sebuah proses penumbuhan kedewasaan diri
  2. proses pembentukan pola pikir
  3. proses pematangan karakter


Pendidikan adalah sebuah proses penumbuhan kedewasaan diri. Ya karena mata pelajaran yang diberikan itu bukan hanya untuk disampaikan guru, kalian mempelajari , mengikuti ujian dan menunggu hasil/nilainya. Lebih jauh, kemampuan dan kesabaran kalian untuk menyelesaikan tugas-tugas menjadi bukti kesungguhan dan rasa tanggung jawab yang bernilai tiada tara. Excellent jika kalian mampu menyelesaikan pekerjaan dengan kesadaran sendiri dan mencari soal latihan untuk mempercepat pemahaman.. ??!!


Pendidikan di sekolah merupakan proses pembentukan pola pikir.

Tingkat kesulitan dalam memahami suatu pelajaran menjadi perjuangan tersendiri bagi siswa. Semakin kalian penasaran/ ingin tahu kebenaran ilmu/pelajaran yang kalian pelajari semakin tinggi pula perubahan pola pikir kalian. Dampak yang terjadi adalah kalian hanya memikirkan bagaimana memecahkan rasa penasaran dan ingin tahu tersebut. Jangan pernah menghentikan rasa penasaran/keingintahuan kalian dalam belajar, hanya sebatas dalam otak/pikiran kalian. Segera ungkapkan pada guru yang bersangkutan (jika berani) atau pada teman yang kalian anggap lebih mumpuni. Pupuk antusiasme itu dalam bentuk kegiatan yang positif. Tingkat keberanian mengungkapkan pikiran dan pendapat yang edukatif akan membawa manfaat yang luar biasa. Sehingga tidak ada lagi siswa membolos, gaduh saat pelajaran, merasa bosan karena sedang kosong, coret-coret di tembok yang tidak jelas, dsb. Ini saya mengambil contoh dari sekolah lain bukan dari sekolah kalian.. :P

Pendidikan juga menjadi proses pematangan karakter.

Interaksi kalian dengan teman-teman, guru, pimpinan sekolah, dan seluruh komponen di lingkungan sekolah akan selalu terjadi.

Ingat, tidak ada seorang pun di dunia ini yang sama persisi sifatnya biarpun si kembar. So, interaksi yang sering dan berkelanjutan ini terkadang akan menimbulkan percik-percik konflik. Di sinilah karakter kalian semakin terlihat. Bagaimana kalian mensikapi permasalahan, meluapkan emosi dengan kata-kata dan tindakan yang sopan dan menghargai. It’s easy to say… It’s so hard to do but we should try to do this. Kok, memaksa sekali ya??

Menurut logika, karena kalian masih (sangat) muda berarti langkah kalian masih panjang. Sepanjang apa, tidak ada yang tau batasannya dan kalian akan menjadi apa. Pertanyaannya, apakah sepanjang hidup kalian akan dapat hidup senang-senang tanpa sedikit pun rasa tanggung jawab?

So, jangan berhenti melakukan yang lebih baik. Ingat, sewaktu kita melakukan kebaikan yang banyak dan terus-menerus, belum tentu setiap orang akan suka dengan kita, apalagi melakukan kejahatan yang banyak!

Tidak ada “muda foya-foya, tua kaya raya, mati masuk surga!”

Hidup ini adalah pilihan . Jika kalian memilih kebaikan maka berbuat baiklah sebanyak-banyaknya dan jangan pernah bosan.

Jangan pernah "doing nothing & doing useless" atau suatu saat ditemani penyesalan.. Mau???

Sampai ketemu di grade XII!!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar